1. Algoritma Pemrograman
Sebelum belajar algoritma
pemrograman, akan lebih baik kita pahami terlebih dahulu langkah-langkah
pembuatan suatu program. Terdapat beberapa langkah umum dalam pembuatan suatu
program yaitu:
1. Mendefinisikan masalah
2. Mencari solusinya
3. Menentukan algoritma
4. Menulis program
5. Menguji program
6. Mendokumentasikan program
7. Merawat program
Mendefinisikan masalah
Langkah yang pertama dilakukan adalah mendefinisikan
permasalahan. langkah ini harus dilakukan untuk menentukan masalah yang ada
serta ditentukan pula input dan output program.
Mencari solusi
Kemudian ditentukan solusi dari permasalahan yang dihadapi.
Bila untuk mendapatkan solusi harus melalui langkah yang terlalu rumit dapat
dilakukan pembagian masalah dalam beberapa modul-modul kecil agar mudah untuk
dikerjakan. Lalu modul-modul kecil tersebut digabungkan menjadi satu untuk
dapat menentukan solusi.
Menentukan algoritma
Dalam pemilihan algoritma, pemrogram atau analis harus
menggunakan algoritma yang sesuai dan efisien untuk masalah yang dihadapi.
Menulis program
Penulisan program bisa dilakukan dengan menggunakan bahasa
pemrograman yang dikuasai dan memiliki kompabilitas dengan perangkat keras yang
akan menggunakan program tersebut.
Menguji program
Bila program sudah selesai dibuat, pengujian diperlukan
untuk mengetahui apakah program yang dibuat sudah layak untuk digunakan.
Mendokumentasikan program
Penulisan dokumentasi yang biasanya dilupakan oleh pemrogram
menjadi sangat penting saat akan dilakukan perubahan pada program yang dibuat.
penulisan program ini dapat dilakukan dengan menulis komentar pada source code
tentang kegunaannya (variabel, parameter, procedur, fungsi).
Merawat program
Program yang sudah selesai dibuat juga perlu dirawat dengan
pendeteksian bug yang belum diketahui sebelumnya juga penambahan fasilitas baru
yang mempermudah pengguna program.
Dari penjelasan diatas, dapat kita peroleh kesimpulan bahwa
pembelajaran algoritma pemrograman adalah bagian dari langkah-langkah pembuatan
program.
2. Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga
dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar untuk memerintah komputer.
Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang
dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara
persis data mana yang akan diolah oleh komputer.
3. Sejarah Algoritma
Dalam matematika
dan ilmu komputer, algoritma adalah urutan atau langkah-langkah untuk
penghitungan atau untuk menyelesaikan suatu masalah yang ditulis secara
berurutan. Sehingga, algoritma pemrograman adalah urutan atau langkah-langkah
untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.
Algoritma merupakan metode yang
efektif yang ditujukkan pada daftar yang terbatas dari kumpulan perintah yang
telah didefinisikan untuk menghitung suatu fungsi. Dimulai dari nilai
awal, kemudian kumpulan perintah yang pada saat dieksekusi akan memproses
kondisi-kondisi yang telah ditetapkan hingga menghasilkan output dan kemudian
menentukan kondisi akhir.
4. Algoritma
Algoritma adalah serangkaian urutan langkah-langkah yang tepat,
logis, terperinci, dan terbatas untuk menyelesaikan suatu masalah yang disusun
secara sistematis.
1.
Algoritma adalah inti dari ilmu
komputer
2.
Algoritma adalah urutan-urutan
dari instruksi atau langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah
3.
Algoritma adalah blueprint dari
program
Penyusunan
Algoritma Sebaiknya disusun sebelum membuat program. Kriteria suatu algoritma adalah sebagai berikut:
·
Ada input dan output
·
Efektifitas dan efisien
·
Terstruktur
Menurut
Donal E. Knuth dalam bukunya yang berjudul The Art of Computer
Programming, algoritma setidaknya memiliki lima ciri penting:
1.
Algoritma mempunyai awal dan
akhir . Suatu algoritma harus berhenti setelah mengerjakan serangkaian tugas
dengan kata lain algroritma harus memiliki langkah terbatas .
2.
Setiap langkah harus
didefinisikan dengan tepat sehingga tidak memiliki arti ganda (not ambiguous)
3.
Memiliki masukan (input) atau
kondisi awal
4.
Memiliki keluaran (output) atau
kondisi akhir
5.
Algoritma harus efektif dan
efisien , bila diikuti benar-benar akan menyelesaikan masalah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar